Temu Kerja Penyelenggaraan Nama Rupabumi: Langkah Awal Menuju Pelestarian Nilai Budaya

Selasa, 12 April 2022 06.42

Atika Kumala Dewi

Cibinong, Berita Geospasial –Selasa, 1 Maret 2022, Badan Informasi Geospasial menggelar Temu Kerja Penyelenggaraan Nama Rupabumi Nasional yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan akbar ini mengundang pemerintah pusat yang terlibat aktif dan pemerintah daerah (Pemda) dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

BIG sebagai lembaga yang berwenang terkait penyelenggaraan nama rupabumi di Indonesia berdasarkan PP No 2 tahun 2021 berharap Pemda dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan nama rupabumi dengan melakukan pengumpulan dan penelaahan secara mandiri. Tujuan penyelenggaraan nama rupabumi adalah untuk melestarikan, mewujudkan nilai-nilai adat istiadat, tertib wilayah administrasi pemerintahan, serta melestarikan dan melindungi nilai-nilai budaya, kedaulatan, juga sejarah keamanan wilayah NKRI. Tujuan ini seperti tercantum dalam PP Nomor 2 Tahun 2021 ujar Safrizal ZA, Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayahan, Kemendagri yang didapuk sebagai pembicara pertama.

Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar (IGD) BIG, Mohamad Arief Syafii menambahkan, BIG telah mengembangkan aplikasi SINAR (Sistem Informasi Nama Rupabumi). Aplikasi ini dapat digunakan untuk memfasilitasi penyelenggaraan nama rupabumi di Indonesia. Aplikasi SINAR dapat diakses melalui website ataupun dapat diunduh di play store. Hingga 2021, BIG sudah membakukan 21.430 nama rupabumi. Kedepannya, agenda penyelenggaraan nama rupabumi  untuk penelaahan pusat akan dilakukan setiap akhir bulan Mei hingga Juli. Sementara, kegiatan pengumpulan nama rupabumi dapat dilaksanakan sepanjang tahun.

Penghargaan kepada pihak yang berdedikasi bagi kemajuan penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) di Indonesia khususnya pada topik penyelenggaraan nama rupabumi akan diapresiasi dalam bentuk  Bhumandala Award, Ucap Ade Komara Mulyana, selaku Kepala Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponimi BIG.

Kegiatan Temu kerja penyelenggaraan nama rupabumi ini merupakan agenda awal dan berpeluang untuk pemerintah daerah menyampaikan data unsur rupabumi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah. Harapan besar setelah kegiatan ini semua data-data yang dimiliki daerah dapat dikumpulkan dan ditelaah bersama hingga akhirnya data tersebut dapat dipublikasikan salahsatunya dalam bentuk gazeteer nasional.

Sumber berita utama dapat diakses https://www.big.go.id/content/berita/big-gelar-temu-kerja-penyelenggaraan-nama-rupabumi

BERITA TERAKHIR

Penelaahan Pulau di Kabupaten Morowali, 28 Pulau Statusnya Kini Diterima

25 Oktober

Jemput Bola, BIG Lakukan Penelaahan Pulau Di Beberapa Provinsi Di Indonesia

25 Oktober

Penambahan 27 Pulau Baru Pada Penelaahan Nama Rupabumi Pulau Tingkat Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat

22 September

Bagaimana Survei Pengumpulan Data Nama Rupabumi Pulau Dilakukan?

12 Mei

Pertemuan UNGEGN Asia South-East Division ke-10 Indonesia Serahkan Tongkat Kepemimpinan ke Brunei Darussalam

20 April